Beranda > Uncategorized > Bicycle Power Generator Design for DC House: Off Grid Energy Solutions

Bicycle Power Generator Design for DC House: Off Grid Energy Solutions


softskilllllsepeda

Merupakan sebuah paper yang bertujuan untuk menyebarkan energi listrik ke seluruh orang di dunia yang belum merasakan manfaat energi listrik.  Perancangan ini menggunakan sepeda sebagai penghasil energi mekanik dalam melakukan pembangkitan energi listrik. Sepeda yang digunakan di rencang sedemikian rupa sehingga dalam penggunaannya tidak memakan tempat dan sangat efektif.  Arus listrik yang dihasilkan dari pembangkit listrik ini adalah arus listrik searah (Direct Current) yang berasal dari generator arus searah.  Blok diagram yang menggambarkan proses nya adalah seperti dibawah ini :

U

Dapat di lihat pada blok diagram di atas:

Stage 1 adalah bagian dari sepeda yang berkedudukan tetap, yang memampukan kita untuk menggerakkan gear sepeda tanpa menggerakkan badan sepeda, seperti yang terlihat pada gambar di bawah ini. Sebuah sepeda ditopang menggunakan kayu yang konstruksi nya di rancang untuk menjada sepeda agar tetap diam pada saat  gear nya di gerakkan.

sepeda

Stage 2 adalah tahap mengubah energi mekanik yang dihasilkan sepeda menjadi energi listrik. Hal ini terjadi pada Generator, dimana energi mekanik yang ada digunakan untuk menggerakkan rotor pada generator sehingga terdapat fluks magnet yang kemudian menghasilkan elektron secara periodik berupa gelombang sinusoidal. Konversi ini menghasilkan listrik bolak-balik (Alternating Current). Tampak pada gambar dibawah ini, saat sepeda dan generator telah tersambung :

sepeda

Stage 3, Listrik bolak-balik (Alternating Current) yang dihasilkan dari generator tadi, kemudian diubah bentuknya menjadi listrik arus searah (Direct Current) agar dapat disimpan. Alat yang digunakan untuk mengubah Listrik bolak-balik menjadi Listrik DC adalah menggunakan Inverter.

Stage 4 merupakan tahap dimana arus listrik searah keluaran dari inverter itu, kemudian di simpan menggunakan Battere atau juga dapat menggunakan accumulator (Aki),  tempat penyimpanan tersebut menahan kumpulan elektron didalam nya untuk dapat digunakan walaupun tidak terjadi pembangkitan lagi. Seperti pada gambar dibawah ini :

sepeda

Stage 5 DC House, merupakan pemanfaatan dari Arus Listrik dari Battery Array tersebut. Dapat digunakan sebagai penerangan, menyalakan mesin-mesin listrik arus searah dan lain sebagainya.

Sebagai akhirnya listrik yang dihasilkan dari alat ini dapat berguna untuk siapapun dan dimana pun, karena dalam pembangkitanya tidak terdapat ketergantungan dari misalnya bahan-bakar, angin, sinar matahari dan lain-lain yang pada setiap tempat berbeda dalam mendapatkannya. Dengan begitu krisis listrik dapat dikurangi dan dunia bisa merasakan manfaat dari energi listrik dengan cara yang mudah dan tidak mahal.

Sumber : http://projectabstracts.com/7518/bicycle-power-generator-design-for-dc-house-off-grid-energy-solutions.html

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: