Beranda > Uncategorized >  Seberapa penting Multimedia di lingkungan rumah.

 Seberapa penting Multimedia di lingkungan rumah.


Media adalah sarana yang sangat penting bagi kehidupan manusia sekarang. Kegiatan seperti menelfon, mengirimkan sms, menonton televisi, internet merupakan kegiatan yang dilakukan masyarakat sekitar rumah pada umumnya. Hal ini merupakan bukti bahwa media tidak bisa dilepaskan dari kehidupan di sekitar rumah.

Menelfon misalnya, seorang ketua RT/RW yang sedang akan mengadakan suatu rapat ingin mengundang perangkat desa untuk hadir tidak perlu lagi datang kerumah-rumah yang menghabiskan banyak waktu dan tenaga.  Dengan hanya menelfon para undangan rapat dan memberitahukan rangkaian acara rapat  sudah dapat mengundang para peserta rapat. Ini adalah contoh kecil. Jika kita menilik lebih luas lagi, bagaimana pentingnya media internet yang mempunyai andil yang besar di lingkungan secara umumnya. Internet dapat menjangkau hampir seluruh masyarakat sekitar rumah yang rumahnya telah tersambung internet. Kegiatan seperti berbagi informasi, berkarya, bahkan membuka usaha dapat dilakukan dimedi tersebut. Kemudahan yang tercipta karena adanya internet tidak dapat dipungkiri lagi bahwa sangat penting di kehidupan bermasyarakat.

Contoh nyata pentingnya internet di lingkungan rumah dapat terlihat pada Pemilu Legislatif 2014 yang lalu. Masyarakat dapat mengakses informasi mengenai bagaiamana prosedur pemilu, siapa saja calon legislatif yang akan dipilih serta lokasi-lokasi tempat pemungutan suara (TPS). Media seperti Internet, televisi bahkan radio membuat semua itu menjadi mudah. Perangkat desa/kelurahan yang bertugas memberikan pelayanan tersebut dapat diringankan pekerjaannya karena adanya media tersebut.

Sebelumnya kegiatan seperti diatas tadi dilakukan secara manual sepenuhnya. Saat warga masyarakat memerlukan informasi dalam hal pengurusan administrasi kependudukan misalnya, warga tersebut harus mendatangi kantor kelurahan setempat dan mengantri panjang yang menghabiskan banyak waktu. Itu juga belum tentu langsung mendapatkan informasi/hal yang diinginkan. Ada lagi dikisahkan saat pemilu yang lalu, jika tidak ada media seperti internet, televisi, radio, dll. Maka, warga diharuskan melakukan pendataan ulang jika mau melakukan pencoblosan yang sudah menjadi rahasia umum kalau hal itu menyita waktu banyak, dikarenakan ratusan bahkan ribuan orang yang melakukan hal itu juga. Belum lagi jika kita melihat perangkat desa yang bertugas dalam hal itu, mereka harus mendatangi rumah-rumah penduduk untuk melakukan sosialisasi, pemutakhiran data pemilih, dll. Sungguh melelahkan.

Sekarang, dengan adanya media tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat semua, termasuk lingkungan disekitar rumah.

 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: