Beranda > Uncategorized > ETIKA MENULIS DI INTERNET

ETIKA MENULIS DI INTERNET


           Menulis di media apapun tentu tidak terlepas dari aturan-aturan yang ditelah ditentukan sebelumnya sehingga hasil tulisan tersebut baru dapat dikatakan karya, seperti yang telah diketahui dalam menulis pantun misalnya, harus bersajak AB atau AA pada akhir setiap syairnya dan sebagainya. Menulis itu memerlukan etika.

            Sekarang media yang paling banyak digunakan dalam melakukan aktivitas menulis adalah media internet. Internet menyediakan ruang yang luas dalam menulis, apapun dapat anda tulis disini. Di Blog, Twitter, Facebook dan lain-lainya tidak membatasi penulisnya untuk menulis apapun baik itu berupa ilmu pengetahuan, politik, SARA, dan masih banyak lagi. Akan tetai dalam menulis di internet juga memerlukan etika yang baik, tidak serta merta ruang yang luas tersebut digunakan untuk menulis yang berbau kriminal, propaganda, SARA dan apapun itu.

            Penulis yang baik hendaknya menghindari tulisan-tulisan yang akan mengakibatkan hal negatif. Dalam menulis di Internet harus memiliki tata bahasa yang baik, tidak mengandung unsure SARA, etika dan sopan santun. Jika seorang penulis mengambil atau menjadikan tulisan orang lain menjadi bagian dari isi penulisanya, hendaknya mencantumkan sumber dari mana tulisan itu diambil, siapa penulis telisan tersebut, sehingga tulisan yang dihasilkan dapat dipertanggungjawabkan keasliannya/originalitas.

            Tulisan yang baik akan menghasilkan manfaat bagi pembacanya, dengan menggunakan materi tulisan yang berbobot, kalimat-kalimat yang mudah dimengerti dan dipahami , bukan hasil dari plagiat, menggunakan kata-kata bijak dan tulisan tersebut dapat dibuktikan keaslianya akan menjadi karya yang dapat dibanggakan bagi penulis itu sendiri.

            Di Indonesia sendiri telah memiliki peraturan atau undang-undang yang mengatur tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, hal- hal yang dikatakan sebagai karya berupa tulisan sudah diatur oleh undang-undang tersebut, beberapa diantara nya adalah sebagai berikut (dikutip dari UU ITE pada Bab I. Ketentuan Umum) ; 

  • Informasi elektronik adalah satu atau sekumpulan data elektronik, termasuk tetapi tidak terbatas pada tulisan, suara, gambar, peta, rancangan, foto, electronic data interchange (EDI), surat elektronik (Electronic Mail), telegram, telecopy atay sejenisnya, huruf dapat dipahami oleh orang yang mampu memahaminya. [1]

Dalam Bab II. Asas dan Tujuan berbunyi :

“Pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilaksanakan berdasarkan asas kepastian hokum, manfaat, kehati-hatian, itikad baik dan kebebasan memilih teknologi atau netral teknologi” [1]

Etika menulis di Internet juga dapat diketahui dari tujuan tulisan tersebut dibuat, karena pada UU ITE telah menetapkan bahwa pemanfaatan teknologi informasi dan transaksi elektronik dilaksanakan dengan tujuan untuk :

  • Mencerdaskan kehidupan bangsa sebagai bagian dari masyarakat informasi dunia
  • Mengembangkan perdagangan dan perekonomian nasional dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat
  • Meningkatkan efektivitas pelayanan publik
  • Membuka kesempatan seluas-luasnya kepada setiap orang utnuk memajukan pemikiran dan kemampuan dibidang penggunaan dan pemanfaatan teknologi informasi seoptimal mungkin dan bertanggung jawab
  • Memberikan rasa aman, keadilan dan kepastian hukum bagi pengguna dan penyelenggara teknologi informasi [1]

Jika dilihat dari beberapa kutipan UU ITE diatas, dapat disimpulkan bahwa Etika dalam menulis di internet mempunyai dasar hokum dan yang paling penting adalah setiap tulisan yang dihasilkan sangat diarahkan untuk dapat mencerdaskan, mengembangkan diri, dll dengan menjunjung tinggi asas-asas yang baik tanpa mengandung unsure-unsur provokasi yang tidak bertanggungjawab.

DAFTAR REFERENSI

[1] . Undang- Undang Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: