Beranda > Uncategorized > SISTEM PENDETEKSI KADAR AIR DALAM POT TANAMAN

SISTEM PENDETEKSI KADAR AIR DALAM POT TANAMAN


SISTEM PENDETEKSI KADAR AIR DALAM POT TANAMAN

 

            Victor Wellyater S (18410369)

ABSTRAKSI

Perangkat yang menggunakan sistem pendeteksi kadar air untuk mengetahui air yang berada pada pot tanaman. Mendukung untuk pengwasan tanaman yang memerlukan kadar air yang tepat dalam pertumbuhannya. Dengan desain yang sederhana, maka semua orang dapat membuat untuk membantu pekerjaannya. Sinyal arus listrik yang menyalakan LED merupakan indicator kadar air yang terdapat di pot tanaman.


 


 

  1. 1.    Pendahuluan

Rangkaian pendeteksi kadar air dalam pot tanaman sangat berguna bagi yang suka menanam tanaman dalam pot. Ini menunjukkan kadar air dalam pot masih cukup atau tidak untuk tanaman di dalam pot. Rangkaian pendeteksi ini menggunakan probe, transistor, dan potensiometer dalam pengoperasiannya. Dimana LED akan digunakan sebagai indikator yang telah kita atur sebelumnya dengan potensiometer. Alat ini dapat membuat tanah tanaman agar dapat terjaga kadar airnya.

  1. 2.    Tinjauan Pustaka

2.1  Probe

Probe merupakan bagian perangkat dari pendeteksi kadar air di pot tanaman yang berfungsi mendeteksi kadar air yang berada di pot tanaman.

2.2  Potensiometer

Potensiometer adalah resistor tiga terminal dengan sambungan geser yang membentuk pembagi tegangan dapat disetel.[1] Jika hanya dua terminal yang digunakan (salah satu terminal tetap dan terminal geser), potensiometer berperan sebagai resistor variabel atau Rheostat. Potensiometer biasanya digunakan untuk mengendalikan peranti elektronik seperti pengendali suara pada penguat. Potensiometer yang dioperasikan oleh suatu mekanisme dapat digunakan sebagai transduser, misalnya sebagai sensor joystick.

2.3  LED

Adalah suatu semikonduktor yang memancarkan cahaya monokromatik yang tidakkoheren ketika diberi tegangan maju. Gejala ini termasuk bentuk elektroluminesensi . Warna yang dihasilkan bergantung pada bahan semikonduktor yang dipakai, dan bisa juga ultraviolet dekat atau inframerah dekat.

 

2.4  Transistor BC548

Transistor adalah alat semikonduktor  yang dipakai sebagai penguat, sebagai sirkuit pemutus dan penyambung (switching), stabilisasi  tegangan, modulasi sinyal atau sebagai fungsi lainnya. Transistor dapat berfungsi semacam kran listrik, dimana berdasarkan arus inputnya (BJT) atau tegangan inputnya (FET), memungkinkan  pengaliran listrik yang sangat akurat dari sirkuit sumber listriknya.

  1. 3.      Perancangan Alat

3.1  Skematik Rangkaian

 

3.2  Cara Kerja

Alat ini bekerja dengan input tegangan 3V DC yang dapat diperoleh dari batere ataupun menggunakan supply tegangan PLN dengan terlebih dahulu menggunakan adaptor.

Pada awalnya kadar air akan di dieteksi dengan Porbes. Probes ini menghasilkan sinyal arus listrik yang kemudian diteruskan ke Transistor yang berfungsi sebagai penguat sinyal dari porbes. Lalu untuk mengetahui bahwa kadar air yang ada di pot tanaman kurang maka LED akan menyala. LED menyala redup dikarenakan sinyal arus listrik hasil keluaran dari Transistor, begitu juga jika keadaan kadar air didalam pot tinggi maka nyala LED akan terang.

Perlu diketahui bahwa air meruipakan konduktor yang mampu menghantarkan listrik. Dengan adanya kadar air yang tinggi maka sinyal arus listrik tersebut dapat dihantarkan sehingga rangkaian dalam keadaan close.

 

 

 

4. Kesimpulan

Dari perancangan alat pendeteksi kadar air dalam pot ini dapat disimpulkan. Alat ini akan menyalakan lampu LED pada saat kadar air di dalam pot tinggi, dan sebaliknya jika pada pot kadar air sedang kurang maka nyala lampu LED akan redup atau bahkan tidak menyala. Keadaan tidak menyala pada hanya karena didalam pot tidak memiliki kandungan air sama sekali.

 

5. Daftar Pustaka

 

 

 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: