Beranda > Uncategorized > RANGKAIAN ELEKTRONIS PENGANTAR TIDUR

RANGKAIAN ELEKTRONIS PENGANTAR TIDUR


RANGKAIAN ELEKTRONIS PENGANTAR TIDUR

 

 

            Victor Wellyater S (18410369)

 

ABSTRAKSI

            Dalam kehidupan ini banyak ditemui orang yang sulit tidur pada malam hari dikarenakan satu dan lain hal. Rangkaian elektronis pengantar tidur merupakan sebuah ala yang dapat membantu seseorang yang sedang mengalami kesulitan tidur atau insomnia. Dengan menghasilkan sebuah suara yang berkesinambungan dan monton, alat ini mampu member dampak yang seterusnya dapat berakibat tertidur bagi para pendengarnya. Alat ini adalah rangakaian sederhana yang dapat semua orang buat untuk keperluannya masing-masing.

 

 

 

  1. 1.      Pendahuluan

Sebagai mahasiswa yang memiliki setumpuk aktivitas baik dalam perkuliahan kampus maupun diluar, seringkali kita mendapati mahasiswa yang masih terjaga pada malam hari karena tidak bisa tidur. Hal ini terjadi karena aktivitas yang banyak mengakibatkan pikiran tidak dapat rileks dan mendapatkan ketenangannya untuk beristirahat, akibatnya banyak mahasiswa yang bolos untuk kuliah pada pagi harinya karena lebih memilih tidur ketimbang masuk perkulihan.

Hal ini tentulah harus dihindari, bukan dengan cara menghindari aktivitas yang dilakukan akan tetapi menghindari pola tidur yang demikian tersebut. Jika kita tidak dapat tidur pada malam harinya seperti biasanya, maka kita memerlukan sebuah cara atau teknik lain yang dapat membantu kita agar dapat tidur. Salah satu nya adalah dengan mendengarkan alunan nada tertentu yang bisa membuat kita merasa rileksasi dan hingga pada akhirnya dapat tidur.

Alat tersebut merupakan alat sederhana yang dapat dibuat oleh siapa saja, alat yang dapat membantu para insomnia untuk tidur kembali. Berdasarkan hal tersebut maka berikut akan dijabarkan mengenai alat yang bernama “Rangkaian Elektronis Pengantar Tidur”.

 

  1. 2.      Tinjauan Pustaka.

Pada saat tidur, otak kita tidak ikut beristirahat. Otak kita masih bekerja mengolah rangsangan-rangsangan yang masuk kedalam tubuh. Rangsangan itu berupa cahaya, suara, sentuhan dan lain-lain. Disini intensitas suara yang terdengar saat kita tidur akan tetap diolah oleh otak.

Suara yang didengar melalui telinga akan diteruska ke otak untuk kemudian diolah,  secara klini telah terbukti bahwa music dapat meningkatkan kemampuan otak manusia yang berdampak ke kualitas tidur yang dialaminya.

 

  1. 3.      Perancangan Rangkaian Elektronis Pengantar  Tidur

3.1  Komponen yang dibutuhkan

Komponen yang dibutuhkan dalam membuat rangkaian elektronis pengantar tidur ini adalah sebagai berikut :

  1. Speaker OT 240
  2. Capasitor  0.1F, 2 uF, 100uF
  3. Resistor 1K dan  10K
  4. Sakelar
  5. Potensio 50K
  6. Transistor 2SB 178

 

 

 

 

 

 

 

 

 

3.2  Rangkaian Elektronis Pengantar Tidur

Gambar: Rangkaian Elektronis Pengantar Tidur

3.3  Cara Kerja Alat

Alat berkerja dengan mengeluarkan suara yang monoton lewat Speaker OT 240 yang secara berkesinambungan untuk melelahkan mata yang dapat mengakibatkan tertidur.

Untuk menjalankan alat ini kita memerlukan supply tegangan DC 5 Volt, hal ini bisa didapat dengan menggunakan batere ataupun juga dengan supply tegangan PLN.

Pada awalnya sakelar akan ON dan arus mengalir menuju resistor 1K untuk kemudian akan diteruskan ke transistor 2SB 178. Transistor berfungsi untuk menguatkan sinyal arus masuk agar dapat menyalakan speaker OT 240. Setelah darai Transistor kemudian arus menuju capasitor 0,1 F yang berfungsi untuk membuat sinyal keluaran dari transistor menjadi stabil. Dan akhirnya sinyal keluaran tersebut menghasilkan suara yang monoton pada speaker OT 240.

Suara tersebut lah yang membuat orang yang dalam keadaan insomnia dapat tertidur. Suara yang dihasilkan adalah suara yang monoton.

 

  1. 4.      Kesimpulan

Pada Jurnal Rangkaian Elektronis Pengantar Tidur ini dapat disimpulakan bahwa sebuah perangkat elektronis yang menghasilkan suatu nada tertentu mampu berdampak terhadap seseorang yang pada akhirnya dapat mengakibatkan tidur.

Alat ini dapat menjadi alternative yang baik terhadap semua orang para penderita insomnia ketimbang pergi ke dokter dan mengkonsumsi obat yang sedemian rupa.

  1. 5.      Saran

Untuk pemakian dalam jangka waktu yang lama, sangat tidak dianjurkan menggunakan alat ini. Hal ini disebabkan suara monoton yang dihasilkan oleh alat ini jika terus menerus didengarkan maka akan berakibat kebosanan.

Maka dari itu sangat penting untuk menggunakan alat ini seperlunya saja, pada saat tidak bisa beristirahat pada malam hari ataupun menggunakan nya pada siang hari sebagai pengantar tidur sejenak.

  1. 6.      Daftar Pustaka

 

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: