Beranda > Uncategorized > WAWASAN NUSANTARA

WAWASAN NUSANTARA


Republik Indonesia

Setiap aspek dalam bernegara memiliki landasan yang menjadi pedoman untuk mempersatukan negara. Apek yang di nilai merupakan satu kesatuan dari semua perbedaan pandangan mengenai landasan yang mempersatukan. Jika di tinjau dari segi kebudayaan, Indonesia merupakan negara yang memiliki banyak sekali jenis kebudayaan yang kemudian menbuat sebagian pandangan mengenai kehidupan berbangsa dan bernegara memiliki makna yang berbeda-beda pula. Hal ini mendorong untuk kita bersama agar memiliki sebuah aspek atau konsep yang dapat melihat semua itu menjadi suatu hal yang satu yang sering disebut  dengan “Wawasan Nusantara”.

Wawasan Nusantara yang merupakan wawasan nasional yang bersumber pada Pancasila dan berdasarkan UUD 1945 adalah cara pandang dan sikap bangsaIndonesia mengenai diri dan lingkungannya dengan mengutamakan persatuan dankesatuan bangsa serta kesatuan wilayah dalam menyelenggarakan kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara untuk mencapai tujuan nasional.

Wawasan Nusantara Mencakup:
1. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Politik
Implementasinya akan menciptakan iklim penyelenggaraan Negara yang sehat dan dinamis. Hal tersebutnampak dalam wujud pemerintahan yang kuat, aspiratif dan terpercaya yang dibangun sebagai penjelmaan kedaulatan rakyat.
2. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Ekonomi.
Perwujudanya  akan menciptakan tatanan ekonomi yang benar-benar menjamin pemenuhan dan peningkatan kesejahteraan dan kemakmuran rakyat secara merata dan adil. Disamping itu, mencerminkan tanggungjawab pengelolaan sumber daya alam yangmemperhatikan kebutuhan masyarakat antar daerah secara timbal balik serta kelestarian sumber daya alam itu sendiri
3.  Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Sosial dan Budaya.
Implementasinya  akan menciptakan sikap batiniah dan lahiriah yang mengakui, menerima dan menghormatisegala bentuk perbedaan atau kebhinekaan sebagai kenyataan hidup sekaligus sebagai karunia Sang Pencipta. Implementasi ini juga akan menciptakan kehidupan masyarakat dan bangsa yang rukun dan bersatu tanpa membeda-bedakan suku, asal-usul daerah, agama atau kepercayaan, serta golongan berdasarkan status sosialnya
4. Perwujudan Kepulauan Nusantara sebagai satu kesatuan Pertahanan Keamanan.
akanmenumbuh-kembangkan kesadaran cinta tanah air dan bangsa, yang lebih lanjut akanmembentuk sikap bela negara pada setiap warga negara Indonesia. Kesadaran dansikap cinta tanah air dan bangsa serta bela negara ini akan menjadi modal utama yangakan menggerakkan partsisipasi setiap warga negara Indonesia dalam menanggapi setiap bentuk ancaman, seberapapun kecilnya dan darimanapun datangnya atau setiap gejala yang membahayakan keselamatan bangsa daqn kedaulatan Negara.

Asas wawasan nusantara terdiri dari:
1. Kepentingan yang sama
Kepentingan bersama bangsa Indonesia adalah menghadapi penjajahan secara fisik dari bangsa lain. Tujuan yang sama adalah tercapainya kesejahteraan dan rasa aman yang lebih baik daripada sebelumnya.
2. Keadilan
Yang berarti kesesuaian pembagian hasil dengan andil,jerih payah usaha dan kegiatan baik orang perorangan, golongan, kelompok maupun daerah.
3. Kejujuran
Yang berarti keberanian berpikir, berkata dan bertindak sesuai realita serta ketentuan yang benar biarpun ketentuan itu pahit dan kurang enak didengar.
4. Solidaritas
Yang berarti diperlukannya rasa setia kawan, mau memberi dan berkorban bagi orang lain tanpa meninggalkan ciri dan karakter budaya masing-masing.
5. Kerja sama
Berarti adanya koordinasi, saling pengertian yang didasarkan atas kesetaraan sehingga kerja kelompok –baik kelompok yang kecil maupun kelompok yang lebih besar– dapat tercapai demi terciptanya sinergi yang lebih baik.
6. Kesetiaan
Kesetiaan terhadap kesepakatan bersama ini sangatlah penting dan menjadi tonggak utama terciptanya persatuan dan kesatuan dalam keBhinekaan. Jika kesetiaan terhadap kesepakatan bersama ini goyah apalagi jatuh, dapat dipastikan bahwa persatuan dan kesatuan dalam keBhinekaan bangsa Indonesia akan hancur berantakan. Ini berarti hilangnya negara kesatuan Indonesia.

 Dengan begitu wawasan Nusantara merupakan aspek yang harus dinilai dan dijaga untuk memelihara keanekaragaman Indonesia. Semua warga negara harus ambil bagian pada setiap kebijakan-kebijakan yang mendukung lestarinya Indonesia. Agar cita-cita Indonesia yang tercantum pada pembukaan UUD 1945 dapat tercapai dengan kuatnya Wawasan Nusantara kita

Sumber :
1. http://www.scribd.com/doc/25080620/Makalah-Wawasan-Nusantara
2. http://sekaranindya.wordpress.com/2012/06/11/wawasan-nusantara/
3.http://temonsoejadi.files.wordpress.com/2012/03/wawasan-nusantara.png

Kategori:Uncategorized
  1. Belum ada komentar.
  1. No trackbacks yet.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: